Monday, April 29, 2019

Published April 29, 2019 by with 0 comment

Keuntungan Investasi Saham

Keuntungan Investasi Saham

Bukan rahasia lagi bahwasannya, investasi saham memang bisa membuatmu kaya raya di masa depan. Tentu saja, itu berkat adanya capital gain dan dividen kedua hal tersebut bisa dibilang dijadikan keuntungan bagi kamu.

Tapi jangan salah, selain kaya masih ada manfaat lain bisa kamu dapatkan lho dari berinvestasi yang satu ini. Berbagai macam keuntungan bisa kamu kantongi nih di kemudian hari dari berinvestasi.

Manfaat itu tentunya berkaitan dengan banyak hal dan psikologis serta mental kita juga. Intinya, dunia pasar modal memang bisa mengajari banyak hal yang gak kita dapat di sekolah, kampus, maupun di dunia kerja sekalipun. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk simak di bawah sini.

1. Mesti memiliki mental wirausaha

Ketika kita terjun ke dalam dunia investasi saham maka itu artinya kamu telah membeli sebuah perusahaan. Walaupun kepemilikannya gak mayoritas, tapi tetap saja dirimu udah  merasakan bahwa memiliki aset berupa perusahaan itu sendiri.

Bisnis yang dijalani oleh setiap perusahaan tentunya bakal bergerak seperti roda, kadang berada di atas terkadang ada di bawah. Yang namanya untung maupun rugi pasti di alami oleh perusahaan.

Dan hal itulah yang juga dirasakan seorang pemegang saham. Terkadang, ada kalanya kita merasakan sebuah keuntungan berupa capital gain atau sebaliknya yang biasa disebut dengan capital loss.

Buat kamu yang baru pertama kali terjun di investasi ini, tentunya pasti suka merasa deg-degan dong ketika melihat uang milik kita mengalami penurunan drastis. Nah, lamban laun mental mu pun terbiasa dengan hal yang satu ini.

Di saat kamu sudah mantap terjun ke bisnis, tentunya gak bakal kaget dan panik ketika menyaksikan kerugian-kerugian yang muncul.

2. Mempunyai wawasan yang cukup luas dan terbuka

Gimana wawasannya gak terbuka, wong para investor saham itu rajin baca berita semua. Terutama berita ekonomi yang berhubungan dengan investasi saham.

Kenapa para investor mesti membaca dan mengetahui berita? Karena di situlah terdapat informasi-informasi seputar bisnis, industri, atau iklim politik di suatu negara yang bisa jadi acuan bagi para investor buat membeli saham.

Buat kamu yang memang gak suka baca, mungkin hal ini terasa melelahkan. Tapi percaya deh, ketika kamu sudah terjun ke investasi saham, maka membaca berita di media bakal menjadi sebuah kebutuhan psikologis bagimu. Gak baca berita dalam sehari justru berasa aneh.

3. Saham dapat diwariskan

Bukan cuma uang, rumah, emas, atau aset-aset lain yang bisa diwariskan ke ahli waris. Masih ingat Steve Jobs? Janda Steve Jobs, Laurene Powell Jobs menjadi perempuan terkaya karena mendapatkan warisan harta sepeninggal sang suaminya. Laurene Powell Jobs sendiri telah mewarisi saham Apple yang nilainya mencapai US$ 560 juta di tahun 2016.

Gak usah khawatir, hal serupa pun berlaku di Indonesia.

Menurut Pasal 833 KUH Perdata, “ahli waris dengan sendirinya karena hukum memperoleh hak milik atas segala barang, segala hak, dan segala piutang si meninggal.” Tentunya hal itu juga termasuk saham dong.

Intinya, seorang gak perlu menjual seluruh saham yang ia miliki atau punya terlebih dahulu, karena khawatir akan hidupnya. Proses pewarisan saham yang diperdagangkan di bursa atau yang tidak, jelas diatur di Undang-Undang No 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal (UUPM) Pasal 87 dan Pasal 88.

So, pada intinya jika saham yang kita simpan bertahun-tahun udah menghasilkan capital gain yang signifikan. Seandainya kita berpulang nantinya gak bakal merepotkan para ahli waris.

Itulah, tiga keuntungan investasi saham selain capital gain dan dividen, intinya semuanya baik buat masa depan bukan? Masih ragu sama investasi yang satu ini? Buat kamu yang masih buta dengan investasi satu ini, coba deh mulai belajar dari baca buku, atau belajar dari teman-teman sekitar.

0 comments:

Post a Comment