Wednesday, January 30, 2019

Published January 30, 2019 by with 0 comment

Ciri Ciri Tubuh Kekurangan Protein

Ciri Ciri Tubuh Kekurangan Protein

Protein sangat dibutuhkan tubuh karena berbagai manfaat yang dimiliki. Mulai dari pembentukan dan perbaikan otot, menstabilkan gula darah serta membantu pertumbuhan kuku dan rambut. Kekurangan protein akan mempengaruhi tubuh hingga perubahan mood Anda.

Penulis Fill Your Plate, Lose The Weight, Sara Mirkin mengatakan bahwa tubuh hanya bisa menyerap 20 hingga 30 gram protein per konsumsi. Ia menyarankan untuk mengkonsumsi minimal 20 gram protein per konsumsi. Jumlah tersebut akan mencukupi kebutuhan tubuh Anda.

Melansir laman Prevention, perhatikan tanda-tanda bila kekurangan protein:

1. Berolahraga tapi lemak perut tidak berkurang

Saat Anda beraltih angkat beban, otot akan mengalami robekan. Untuk memperbaiki otot dan memperkuatnya, Anda harus mengkonsumsi makan dengan protein cukup setelah olahraga.

"Jika Anda tidak mengkonsumsi protein setelah berolahraga maka Anda hanya akan kehilangan otot Anda," kata Sara Mirkin.

2. Selalu ingin mengkonsumsi gula dan karbohidrat

Kekurangan protein akan membuat Anda merasa tidak puas setelah makan. Hal ini akan membuat Anda ingin mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula atau karbohidrat.

3. Kulit kering

Kondisi kulit kering kemungkinan disebabkan kekurangan protein dalam diet Anda. Protein membantu perkembangan rambut, kuku dan kulit. Kekurangan protein akan membuat Anda memiliki rambut atau kulit kering

4. Cepat merasa lapar

Karbohidrat dicerna dalam waktu yang lebih cepat dibanding protein dan lemak. Anda akan merasa lapar lebih cepat bila tidak menyeimbangkan konsumsi karbohidrat, protein dan lemak.

Sara Mirkin menyarankan konsumsi makanan dengan karbohidrat, protein dan lemak seimbang. Hal ini bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi 40 persen protein, 30 persen lemak dan 30 persen karbohidrat per konsumsi.

5. Selalu merasa lelah

"Kekurangan protein akan membuat Anda sulit berkomsentrasi. Padahal protein dapat membuat Anda lebih fokus dibandingkan karbohidrat yang membuat Anda merasa ngantuk," kata Sara Mirkin.

Anda juga dapat mengalami anemia yang akan membuat Anda merasa kelelahan sangat parah. Anda dapat mengkonsumsi makanan seperti kacang-kacangan, quinoa, daging giling dan hati ayam.

0 comments:

Post a Comment